Sabtu, 28 Januari 2012

Tune up sederhana tanpa sceaner

buat teman2 flobamora yang berkecipung di otomotif,,Caranya mudah kok, tidak perlu kita mengantri ke bengkel dengan pengeluaran kocek yang lumayan untuk sekali tune up. Mendingan kita tune up sendiri dirumah sambil mengenal bagian mobil  kesayangan kita, budget yang diperlukan dalam praktek tune up kali ini tergolong murah kok. Paling hanya membeli nulon atau DCS, untuk nulon harganya Rp. 20.000 (untuk 4-6x pakai tune up) sedangkan DCS harganya Rp. 50.000 (untuk 6-8x pakai), ya tergantung kocek walaupun saya menyarankan menggunakan DCS karena lebih bagus untuk merontokan kerak karbon. Selain itu kita siapkan Carburator Cleaner atau Carbu Jet seharga Rp. 18.000 – Rp. 20.000 per kaleng bisa untuk 4 kali penggunaan tune up karena sifatnya lebih cair dan tidak berbusa.
Sebelumnya saya pernah menuliskan cara membersihkan ISC, nah ditulisan ini saya tidak akan menuliskan kembali cara pembersihan ISC, para pembaca hanya tinggal melihat di tulisan sebelumnya saja. Mari kita siapkan peralatan bertempur seperti Tang, Obeng kembang, obeng min, kunci busi, kunci 10 dan 13, lap bersih serta gelas bekas air mineral. Sebelum kita memulai membersihkan busi dan trottle body, saya sarankan untuk berhati-hati dengan semprotan pembersihnya, jangan sampai terkena mata ataupun selaput lendir lainnya karena berbahaya.
Bersihkan Busi

cabut busi dari lubangnya
Cabut semua busi yang tertanam dalam mesin, pasti semua bisa melakukannya karena sangat mudah, hanya membutuhkan kunci busi saja. Cara mengambil busi yang sudah terlepas dari lubang businya dengan cara menusuknya dengan kabel businya, satu persatu diambil lalu bersihkan dengan cara mengelapnya menggunakan lap kering. Lalu masukkan kedalam gelas plastik bekas air mineral, pastikan sudah tidak ada air mineralnya.

masukin ke gelas lalu semprot.
Semprotkan Nulon/DCS kedalam gelas plastik tersebut, usahakan berhati-hati ketika menyemprotnya karena semburan cairan tersebut sangat deras. Biarkan foam menyelimuti businya hingga seperti wheapping cream dan tunggu sampai foam tersebut mencair tidak lagi menjadi busa.

Kotornya kerak di Busi terangkat
Nanti akan terlihat kotoran karbonnya rontok merubah warna foam yg putih menjadi hitam, jika sudah hitam pekat, bersihkan gelas tersebut bersama businya dengan cara membilasnya dengan carbu cleaner. Ulangi cara ini sampai busi benar-benar bersih sambil pinggiran gap busi dikerok untuk dihilangkan keraknya. Jika sudah bersih, busi dikeringkan sambil di lap dengan hati-hati menggunakan lap kering.

Bersihkan Trottle Body
Sambil bersihkan ISC, mari kita buka trotle bodynya juga, caranya mudah kok. Lepaskan semua socket yang menempel pada TB, jangan melepas bagian TPS nya, benda plastik yang menempel pada TB dan memiliki dua baut min. Kalau sampai dilepas agak susah lagi settingnya, biarkan benda tersebut juga ikut dibawa bersama Trottle bodynya. Lepaskan selang-selang yang menempel dengan penuh kehati-hatian dan jangan terlalu memaksa apabila selang tersebut susah dicabut karena takut membuat patah bagian trootle bodynya. Jangan lupa cabut kabel gas nya agar proses pelepasan menjadi lebih mudah.

Membersihkan Trottle Body
Jika trootle body sudah terlepas, silahkan taruh dilantai dan semprotkan semua bagian dengan nulon/dcs, biarkan TB tertutup oleh foam sampai benar-benar terlihat kotorannya terangkat. Jangan lupa membersihkan lubang-lubang yang ada sambil jari kita menggesek-gesek bagian yang terlihat kotor. Apabila kotoran sudah rontok, saat nya kita mengelap bagian yang kotor tersebut dengan menggunakan lap bersih namun agak kasar bukan lap halus. Apabila memiliki sikat gigi, boleh juga tiap-tiap bagian disikat agar lebih bersih dari kotoran.
Jika sudah bersih, semprotkan carbu cleaner untuk membilas sisa-sisa dari nulon/dcs agar TB tidak lengket saat kering nanti. Lubang-lubangnya juga perlu disemprot dengan cairan tersebut sampai benar-benar bersih. Setelah proses penyemprotan selesai, tinggal keringkan saja TB nya sambil kita membersihkan bagian mesin dengan lap yang sudah terpakai tadi, lumayan kan.
ISC, Trottle Body dan Busi sudah siap dipasang kembali, pasanglah dengan berhati-hati dan penuh ketlitian agar tidak ada kabel yang tersangkut. Pastikan selang-selang yang menempel pada TB terpasang betul karena jika sampai kendur, air radiator akan keluar dari selang tersebut sehingga membuat radiator menjadi overheat. Saat pemasangan kabel businya juga mesti berurutan jangan sembarangan pasang, apabila kita memiliki kabel busi diatas standar, lebih kita memberikan nomer lubang businya pada kabel tersebut supaya nanti tidak tertukar dan membuat mesin tidak menyala.
Sesi pembersihan serta pemasangan telah usai, cabut fuse 10A di fusebox mesin bentuknya warna merah dan pipih. Cabut selama 15-20 detik lalu dipasang kembali, lalu coba nyalakan mobil anda namun pastikan soket-soketnya juga sudah terpasang dengan baik dan benar. Selamat mencoba…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar